Di blog ini kalian akan di suguhkan, beberapa informasi dari segala aspek.

Sabtu, 29 Oktober 2016

Hewan Dalam Pandangan Islam

08.19 Posted by Unknown 5 comments

Hewan Dalam Pandangan Islam

Assalamualaikum Wr.Wb.
 
 Kembali lagi ketemu sama mimin yang ngak bosan-bosan, mengasi para pembaca wawasan + ilmu iya  lah kan bermanfaat jadi ngak bosan-bosan.
 Oke lah lanjut aja ke topik bisa ngak terlalu bertele-tele, mimin akan membahas hewan dalam pandangan islam.
 menurut hewan dalam pandangan islam yaitu di bedakan menjadi 2 yaitu :

1.Hewan yang tidak boleh di bunuh
 A. Semut

 semut termasuk ke jenis serangga, spesiesnya di perkirakan ada 12.000. Tapi walaupun kecil mereka juga di juluki hewan paling kuat. Coba kalian injak semut mereka ngak akan mati dalam satu kali injak.
 semut juga di larang di bunuh oleh Nabi Muhammad SAW.
>> ini salah satu contoh hadist nya
 "Salah seekor semut pernah menggigit salah seorang nabi, lalu nabi tersebut memerintahkan untuk mendatangi sarang semut dan membakarnya. Tapi Allah kemudian menurunkan wahyu kepadanya: 'Apakah hanya karena seekor semut menggigitmu lantas kamu membinasakan satu umat yang selalu bertasbih?' [HR. Muslim]
B. Lebah

Lebah merupakan sekelompok besar serangga yang dikenal karena hidupnya berkelompok meskipun sebenarnya tidak semua lebah bersifat demikian. Semua lebah masuk dalam suku atau familia Apidae (ordp hymenoptera: serangga bersayap selaput). Di dunia terdapat kira-kira 20.000 spesies lebah dan dapat ditemukan di setiap Benua, kecuali Antartika.
  Dilarang membunuh lebah kenapa.? soalnya lebah bisa menghasilkan madu dan benfaat bagi umat manusia sebagai obat.
C. Burung Hud Hud

  Burung yang memiliki warna bulu yang indah serta jambul unik ini merupakan jenis burung yang memiliki hubungan kekerabatan dengan rangkong atau enggang. Penamaan hoopoe itu juga disesuaikan dengan suara panggilannya yang melengking dengan suara “hoops..hoops..” ( dalam logat Inggris ) atau terdengar seperti “hud..hud..” ( dalam logat Arab) yang jelas dan berulang-ulang.
Secara keseluruhan ada tujuh spesis burung ini yang dikenal di dunia, dan menyebar secara luas mulai dari Eropa, Asia, dan Afrika Utara.
  Dilarang di bunuh kenapa.? soalnya burung ini sudah berjasa membantu nabi sulaiman.
D. Burung Shurad

  Shurad adalah burung berkepala besar dan berparuh besar, perutnya putih, punggungnya hijau, memangsa serangga dan burung kecil. Burung ini lebih besar dari burung pipit dan terkadang memangsa burung pipit.
Di larang di bunuh kenapa.? mengikuti dalil ini "Rasulullah melarang membunuh empat macam hewan yaitu semut, lebah, hud-hud, dan shurad" [HR. Abu Daud]
E. Katak


  Katak (Bahasa inggris: frog) adalah binatang amfibi pemakan serangga yang hidup di air tawar atau di daratan, berkulit licin, berwarna hijau atau merah kecokelat-cokelatan, kaki belakang lebih panjang, pandai melompat dan berenang.
Kenapa tidak boleh di bunuh.? lihat dalil ini :
1. “Janganlah kalian membunuh katak!” (Shahih, dalam kitab Shahih al-Jami’ ash-Shaghir [7390]).
2. Diriwayatkan dari Abdurrahman bin Utsman r.a, “Dilarang membunuh katak dengan alasan untuk obat-obatan,” (Shahih, dalam kitab Shahih al-Jami’ ash-Shaghir [6971]).
F. Laba-Laba
 Laba-laba, atau disebut juga labah-labah, adalah sejenis hewan berbuku-buku (artropoda) dengan dua segmen tubuh, empat pasang kaki, tak bersayap, dan tak memiliki mulut pengunyah.
 Kenapa dilarang di bunuh.? karena hewan ini telah menolong Nabi muhammad dan sahabat nya dari kaum kafir qurais ketika berada dalam gua tsur.
2. Hewan yang boleh di bunuh
  Hewan yang di haruskan di bunuh adalah hewan yang membahayakan nyawa kita.
dan ini salah satu hadist nabi yang di haruskanya membunuh hewan tersebut.
خَمْسٌ مِنَ الدوَاب كُلهَا فَوَاسِقُ تُقْتَلُ فِى الْحَرَمِ الْغُرَابُ وَالْحِدَأَةُ وَالْكَلْبُ الْعَقُورُ وَالْعَقْرَبُ وَالْفَارَةُ
“Lima jenis hewan yang harus dibunuh, baik di tanah haram maupun di tanah biasa, yaitu : ular, kalajengking, tikus, anjing buas dan burung rajawali” (HR. Abu Daud) dalam riwayat lain disebutkan juga burung gagak.
 adapun juga semisal hewan itu merugikan atau meninbulkan malah petaka seperti,
A. Tikus
Tikus adalah mamalia yang termasuk dalam suku Muridae. spesies tikus yang paling dikenal adalah mencit (Mus spp.) serta tikus got (Rattus norvegicus) yang ditemukan hampir di semua negara dan merupakan suatu organisme model yang penting dalam biologi ; juga merupakan hewan periharaan yang populer.
 Kenapa di haruskan di bunuh.? Kalian kan sudah tau kalo tikus itu jorok merugikan seperti memakan makanan kita.
 B. Anjing Buas
  Anjing buas beda sama anjing periharaan, ya ingat soalnya kalo anjing buas itu dia tampa pemilik kalo peliharaan pasti ada pemiliknya.
Kenapa di haruskan di bunuh.?  karena dia buas bisa membayakan hidup kita bayankan kalo di gigit udah dapet sakit + najis lengkap sudah hahahaha.
C. Kalajengking 

  Kalajengking adalah sekelompok hewan beruas dengan delapan kaki yang termasuk dalam ordo Scorpiones dalam kelas Arachnida. Kalajengking masih berkerabat dengan ketonggeng, laba-laba, tungau, dan caplak. Ada sekitar 2000 jenis kalajengking.
 Kenapa di haruskan di bunuh.? Karena tau kan itu bagian ekornya kalajengking sekali sengat bisa bisa masuk rumah sakit nanti, soalnya memang kalajengking punya racun yang mematikan, di bagian ekornya.
E. Burung Rajawali

  Rajawali adalah burung dari subordo Buteoninae. Contoh dari rajawali yaitu: Rajawali totol Aquila clanga Rajawali kuskus Aquila gurneyi Rajawali papua Harpyopsis novaeguineae
  Kenapa diharuskan di bunuh.? Soalnya bisa membahayakan hidup kita dengan kuku/parunya yang tajam.
F. Gagak

Gagak adalah anggota burung pengicau (Passeriformes) yang termasuk dalam marga Corvus, suku Corvidae.
Hampir semua jenis burung ini berukuran relatif besar dan berwarna bulu dominan hitam. Daerah sebarannya ada di seluruh benua dan kepulauan, dengan perkecualian di Amerika Selatan.
Di beberapa kebudayaan dan mitologi, burung gagak kerap dikaitkan dengan sesuatu yang buruk. 
Kenapa di haruskan membunuh.? merugikan dan kerap di kaitkan dengan sesuatu yang buruk.
G. Cicak 

  Cecak atau cicak adalah hewan reptil yang biasa merayap di dinding atau pohon. Cecak berwarna abu-abu, tetapi ada pula yang berwarna coklat kehitam-hitaman. Cecak biasanya berukuran sekitar 10 centimeter.
Kenapa di haruskan di bunuh.? lihat hadist nabi di bawah ini :
Rosululloh Shallallahu ‘alaihi wa sallam telah bersabda,
“Barang siapa berhasil membunuh seekor cicak dengan sekali pukulan maka akan dicatat seratus kebaikan untuknya. Jika ia berhasil membunuhnya dengan dua kali pukulan, maka kebaikannya akan lebih sedikit dari yang pertama. Selanjutnya, jika ia berhasil membunuhnya dengan tiga kali pukulan, maka kebaikannya akan lebih sedikit dari yang kedua”.
Dalam haditsnya: Dari A’isyah beliau berkata:”Sesungguhnya Rosulullah menceritakan  kepada kami bahwa Nabi Ibrahim alaihissalam ketika dilemparkan ke dalam api oleh Raja Namrudz, tidak ada seekor hewan pun melainkan berusaha memadamkan api, kecuali cicak. Reptil ini malah meniu-niup api agar tidak padam, sehingga Rasulullah memerintahkan untuk membunuhnya” (HR: Ahmad dan An-Nasa’i)

Adapun serangga atau hewan kecil lainnya, kalau memang membahayakan atau menimbulkan malapetaka, seperti nyamuk,  hama burung, belalang, ulat dan tikus, maka boleh membunuhnya dan bahkan dianjurkan.

Mungkin itu saja yang bisa saya, sampaikan jangan lupa follow blog ini, pengunjung baru sedikit :( promosi ni min << diem -_-

Wassalamualaikum Wr.Wb.    

 

 




 

 
 
     

5 komentar:

  1. Mantap
    Kunjungi balik http://culunesia.blogspot.co.id

    BalasHapus
  2. makasih kalian semua udah menyempatkan membaca artikel saya ya kapan kapan balik lagi yak jangan lupa :D

    BalasHapus