Di blog ini kalian akan di suguhkan, beberapa informasi dari segala aspek.

Sabtu, 03 Desember 2016

kesalahan dan penyebab pemanasan global yang tidak biasa

07.51 Posted by Unknown 6 comments

GLOBAL WARMING

 

Assalamualaikum Wr.Wb.

 Gimana kabarnya semua.? Semoga baik baik saja ya maaf banget ya soalnya mimin jarang update artikel  di karenakan sibuk di duta mohon di maklumi yak soalnya mimin juga punya kehidupan sendiri dan bukan orang yang menatap monitor pc/laptop keseharianya. Oke mari kita langsung menuju topik saja kali ini saya ingin membahas bahan bahasan yang sudah tidak asing lagi bagi telinga kalian yaitu pemanasan global (global warming).

 A. Apakah yang di maksud pemanasan global.?
 Pemanasan global iyalah keadaan dimana suhu akan meningkat di atas rata-rata atau tidak seperti biasanya.
 Menurut penelitan, bumi kita ini sudah mengalami kenaikan suhu yang cukup berarti 0,6°C yang terjadi satu abad terakhir. Meskipun sedikit peningkatan suhunya tapi kita dapat merasakan dampak-dampak yang cukup berarti, dan itu juga membuat kehidupan di bumi. Gejala-gejala dari pemanasan global pun bisa kita amati dan rasakan, Gejala-gejala yang di maksud itu adalah perubahan musim yang tidak menentu atau sulit di prediksi, seperti sering terjadi gempa, kebakaran, banjir, angin puting beliung.

B. Penyebab pemanasan global
 1. Human Error (kebodoan manusia)
 ya ini merupakan penyebab pemanasan global, dikarenakan apa soalnya rendahnya tingkat menyayangi alam manusia lebih suka merusak dan rendahnya atas kesadaran dalam merawat lingkungan.

2. Gas CFC (Cloro Flour Carbon) berlebihan

 CFC adalah gas kimia, yang di gabungkan dengan peralatan rumah tangga, dan kosmetik seperti : kulkas, semprotan minyak wangi, dll, yang dampaknya yaitu bahan kimia ini bisa merusak lapisan ozon (O3), bayangkan saja kalian memakai peralatan  yang menggunakan gas CFC yang over wih ngak kebayang deh lapisan ozon udah menipis berapa lapis, kalian tau kan fungsinya lapisan ozon buat apa ya yaitu melindungi dari kontak cahaya matahari langsung jika tidak ada lapisan ozon maka kita akan terkena cahaya matahari langsung dan itu tidak baik bagi tubuh kita bisa bisa kita kena kanker kulit ihh ngeri sob.

3. Efek rumah kaca

 Efek rumah kaca, adalah peristiwa penghangatan planet oleh atmosfer. Efek rumah kaca terjadi dikarenakan akibat panas cahaya matahari di pantulkan ke permukaan bumi dan terperangkap oleh gas gas di atmosfer sehingga di pantulkan kembali ke bumi. Efek rumah kaca memang menguntungkan bagi kehidupan di bumi. Tapi jika berlebihan berpengaruh terhadap perubahan iklim.

4. Hutan yang semakin sedikit

 Hutan berfungsi, sebagai lahan resapan air dan menyerap karbon dioksida, dan penghasil oksigen nah jika hutan di rusak bekas penerbangan dan pembakaran atau di buat lahan untuk bangunan, nah jika tidak adanya hutan dampaknya tempat resapan air pun berkurang dan penyerapan karbon dioksida berkurang dan karbon dioksida bisa bisa menyebabkan pemanasan global.

5. Polusi udara dari industri pabrik

 Nah di indonesia kan memang banyak ya industri nah industri inilah, yang menyumbang pemanasan global dengan menyebarkan asap pembuangan hasil industri, yang bisa menyebabkan polusi udara atau pencemaran udara yang mengakibatkan pemanasan global yang berarti.

6. Pembakaran sampah yang berlebihan

 Pembakaran sampah berlebihan setiap hari, ini sering di lakukan dan banyak orang yang tidak bertanggung jawab, sehabis membakar sampah sisanya di tinggal saja, nah ini bisa meninggalkan gas metana, gas metana ini dapat memerankap panas, alhasil menyebabkan pemanasan global.

7. Polusi kendaraan berbahan bakar bensin
 Polusi kendaraan yang memakai bahan bakar minyak, ini juga penyumbang terbesar, tidak dapat di pungkiri memang kepadatan kendaraan bermotor di indonesia, salah satunya dan hasil dari pembuangan dari kendaraan yang berbahan bakar minyak tadi yaitu karbon dioksida.

karbon dioksida sendiri juga penyumbang pemanasan global, dikarenakan gas ini memerangkap panas sehingga panas yang seharusnya di salurkan ke luar angkasa jadi tidak bisa di salurkan di karenakan di perangkap di gas tersebut.

8. Boros pengunaan listrik

 Boros pengunaan listrik juga termasuk pemanasan global. Dikarenakan adanya penguapan listrik setiap kali di gunakan, makanya kita di himbau untuk menggunakan listrik, seperlunya saja tidak berlebi-lebihan yang bisa merusak tempat tinggal kita. Walaupun pengaruhnya sedikit kita tidak boleh menyepelekanya tau kan yak pepetah ini : (Sedikit-sedikit  lama-lama jadi bukit).

9. Polusi metana oleh perkebunan, pertanian dan peternakan

 Polusi metana menduduki urutan kedua dari penyebab pemanasan global. Gas metana berasal dari bahan-bahan kekurangan oksigen dari pemecahan bakteri seperti di persawaan, nah jika di peternakan seperti usus hewan ternak, jadi jika semakin banyak hewan ternak maka makin banyak juga Gas metana yang di hasilkan.

10. Meningkatnya Gas-gas rumah kaca
 Gas yang paling berperan, dalam Efek rumah kaca adalah Gas-gas yang memiliki sifat memerangkap panas. Sehingga panas yang aslinya di pantulkan kembali ke luar angkasa, menjadi tidak bisa di pantulkan di karenakan terperangkap oleh gas tersebut.

Gas yang paling berperan yaitu gas (CO2). Penyebab peningkatan karbon dioksida yaitu pembakaran batu bara, pembakaran minyak bumi, pembakaran gas alam.

Penyebab dari alam 

1. Tipisnya lapisan ozon

 Sinar matahari tidak berkontak langsung, sampai ke bumi, di karenaka ada lapisan ozon yang melakukan filter terhadap cahaya tersebut. Hal itu dapat di lakukan jika lapisan ozon masih normal, sekarang lapisan ozon semakin menipis dan ada yang bilang bahwa lapisan ozon sudah bocor di kedua kutub.

Sebuah sumber mengatakan bahwa: “Berdasarkan pemantauan menggunakan instrumen Total Ozone Mapping Spectrometer (TOMS) pada satelit Nimbus 7 dan Meteor 3, kerusakan ini telah menimbulkan sebuah lubang yang dikenal sebagai lubang ozon di kedua kutub bumi.”_http://riorenhardputra13030.blog.teknikindustri.ft.mercubuana.ac.id/?cat=2

Oleh sebab itu ada di peringati hari ozon internasional yang jatuh setiap tanggal 16 Setember. Anda sudah tahukan?

2. Umur bumi yang sudah tua
 Umur planet bumi kira-kira sudah mencapai 4,6 milyar tahun, ibarat manusia semakin tua semakin banyak penyakit yang di derita, seperti yang di derita bumi saat ini pemanasan global, hujan asam dll.

C. Dampak dari pemanasan global
 Pemanasan global memberikan dampak yang sangat berarti di kehidupan di bumi, terutama manusia, dampak dari pemanasan globar sebagai berikut :
1. Mencairnya es di kutub utara.
2. Naiknya permukaan air laut.
3. Curah hujan yang tinggi.
4. Sering terjadi badai.
5. Angin akan bertiup berbeda-beda dari daerah ke daerah dan berdampak menimbulkan angin puting beliung.
6. Kenaikan air laut yang cepat menyebabkan tsunami,banjir.
7. Menyebabkan banyak orang tekena sesak nafas di karenakan banyaknya polusi.
8. Menyebabkan kekeringan di wilayah pertanian.
9. Meningkanya hama tanaman.
10. Populasi hewan akan menurun.
11. Meningkatnya angka kematian yang di sebabkan oleh cuaca yang sangat panas.

Demikian, artikel dari pemanasan global, saya harap kalian bisa lebih berhati-hati dan lebih peduli lagi terhadap lingkungan. Setelah membaca artikel ini, mohon kritik dan saranya, akhir kata saya ucapkan.
 
Wassalamualaikum Wr.Wb.





6 komentar:

  1. Jadi penyebab global warning itu,, jadi paham deh sekarang, thanks min

    BalasHapus
  2. Balasan
    1. yap jadi seharusnya kita sadar bahwa dunia ini butuh perhatian :v

      Hapus
  3. cfc 200 kali lebih merusak ketimbang CO2

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sob zat kimia bahaya bisa rusak lapisan ozon

      Hapus